Munster, Kota Paling Aman Untuk Bersepeda di Jerman

Munster, Kota Paling Aman Untuk Bersepeda di Jerman

Meski di Jerman, Kota Munster hanya 70 kilometer dari Kota Enschede di Belanda. Maka tak heran jika kota ini jadi tujuan populer orang Belanda yang ingin berakhir pekan atau bercity trip. Münster juga dikenal sebagai kota aman bersepeda di Jerman.

Munster adalah sebuah kota otonom di wilayah Rhine-Westphalia Utara yang berpenduduk sekitar 270.000 orang dengan mahasiswa kira-kira 48.500 jiwa. Itu pula alasan, Münster berpredikat sebagai kota pelajar yang mempunyai 8 perguruan dan sekolah tinggi. Kebanyakan orang Belanda mengenal Münster bukan hanya sebagai kota pelajar tapi juga tempat penandatanganan perjanjian ‘De Vrede van Münster’ (Perdamaian Münster). Ini perjanjian penting dan besar, antara Republik Belanda dan Spanyol pada 15 Mei 1648. Melalui perjanjian ini Belanda Serikat akhirnya bebas dari Imperium Spanyol. Perjanjian ini juga merupakan bagian dari Perdamaian Westphalia yang mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun dan Perang Delapan Puluh Tahun).

Walaupun di kala Perang Dunia II sebagian besar kota ini hancur, toh masih banyak keindahan gedunggedung kuno bisa kita nikmati. Bagi yang aktif, tersedia rute bersepeda untuk menjelajahi kota. Bagi pecinta kebudayaan, banyak museum atau gedung indah di sini.. Seperti gedung Balai Kota Friedenssal atau Katerdral St. Paulus-Dom, Gereja St. Lambertus dan juga Museum Pablo Picasso. Untuk pelajar, daerah Kuhviertel jangan terlewatkan sebagai tempat mangkal. Bagi yang senang shopping, Prinzipalsmarkt jangan lupa dijelajahi.

Friedenssaal
Balai Kota Münster terkenal di dunia dengan Friedenssaal-nya. Karena di ruang inilah tercetus negosiasi perjanjian Perdamaian Westphalia. Ini adalah salah satu bangunan langka dengan arsitektur ‘Gothic Style’ yang tidak ada sangkut pautnya dengan bangunan gereja/rumah ibadah. Awalnya, balai kota ini aula dan ruang dewan, dengan interior berbingkai kayu indah dengan gaya renaissance.

Selama Perang Dunia II, sebagian besar balai kota hancur dan dibangun kembali pada tahun-tahun berikutnya. Struktur kayu-kayu original dari Friedenssaal dilepas dan diamankan sebagai tindakan pencegahan agar terhindar dari kehancuran. Sampai saat ini balai kota dan Friedenssaal masih terbuka untuk publik. Di lorong-lorong dalam gedung dapat dijumpai dokumen-dokumen asli dengan tanda tangan Perjanjian Perdamaian Westphalia.

Terkenal Dengan Merek Mesin Genset
Jika di Asia terkenal dengan mesin genset diesel yanmar 60 kva buatan Jepang, German juga punya merek genset yang tidak kalah terkenalnya yakni Cummins Genset. Mana yang lebih unggul? Kedua merek tersebut sama-sama bagusnya. Keduanya pula sering mengeluarkan produk baru yang menyuguhkan beragam inovasi sehingga selalu mendapat tempat di hati konsumen seluruh dunia.

Yanmar dan Cummins sama-sama telah puluhan tahun berkiprah di bidang mesin genset. Penjualan mereka sudah mencaapai angka ratusan ribu unit di seluruh dunia. Sehingga bagi anda yang ingin membeli genset sebaiknya pilih antara merek Cummins atau merek Yanmar.