Ini Langkah Membuat Septic Tank yang Benar serta Ramah Lingkungan

Sisi rumah yang satu ini memang tidak popular tapi keberadaannya begitu dibutuhkan yakni septic tank. Waktu bangun rumah terkadang kita kurang memerhatikan langkah membuat septic tank, hingga beberapa orang yang merintih sebab septic tanknya macet ataukah tidak berperan walau sebenarnya tempat tinggalnya baru dihuni 1 atau 2 tahun.

Seperti dikutip dari imagebali.net (6/11/2012), persoalan yang seringkali muncul dalam pemakaian septic tank ialah sangat cepat penuh serta gampang mampat. Permasalahan ini muncul sebab tehnik membuatnya tidak penuhi standard yang diputuskan.

Baca juga: Sedot Septic Tank Full Medan

Manfaat septic tank yang sebetulnya ialah tempat menyimpan kotoran dari WC serta menguraikannya. Hasil proses itu berbentuk air akan diresapkan di bagian peresapan. Jika proses ini berjalan baik sebetulnya septictank akan tidak penuh walau digunakan dalam periode waktu yang lama.

Lantas bagaimana membuat septic tank yang aman serta ramah lingkungan, ada banyak hal yang butuh dilihat dalam membuatnya, ialah seperti berikut:

Septic Tank ramah lingkungan
  • Menurut SNI ukuran septic tank untuk 5 orang ialah 1,2 m3 ruangan basah, 0,45 m3 ruangan lumpur, serta 0,40 m3 ruangan bebas. Atau dalam ukuran panjang = 1,6 m, lebar = 0,8 m, serta tinggi = 1,6 m. Terdiri jadi 2 ruangan yakni ruangan pengendapan serta penghancuran kotoran serta ruangan penampungan bekas berbentuk cairan sebelum diresapkan atau dibuang.
  • Jarak septic tank dengan sumber air bersih (sumur/sumur bor) minimum 10 m’, agar peresapan air septic tank tidak masuk ke sumur.
  • Dinding septic tank terbuat dari pasangan bata diplester dengan pertemuannya menggunakan kolom praktis, sedang tutupnya dengan terbuat dari beton bertulang. Pada tutupnya dipasang Pipa 4“ untuk penyedotan serta Pipa 2” serta knienya untuk pipa udara.
  • Untuk Inlet menggunakan pipa 4” dengan kemiringan 2% serta tutupnya digunakan T 4” agar dapat memecah kotoran. Pada ruangan dikaitkan dengan pipa 4” sedang untuk pembuangan ke riol kota atau peresapan dapat dipakai pipa yang lebih kecil 3” atau 2,5”.
  • Yakinkan tidak masukkan beberapa bahan yang memiliki kandungan zat kimia dalam septic tank, contohnya air sabun, sampho, softek, plastik dan lain-lain. sebab akan mematikan bakteri yang menguraikan kotoran itu. Saat bakteri masih tetap aktif jadi proses itu akan berjalan normal serta septic tank akan tidak alami penuh.

Demikian langkah membuat septic tank yang benar serta ramah lingkungan, yang penting pasti dalam pemakaiannya tidak memasukan beberapa bahan yang memiliki kandungan zat kimia, hingga bakteri masih hidup untuk mengurai kotoran jadi air. Selamat coba!*