Hidung Mampet Sebelah Tapi Tidak Pilek

Hidung tersumbat sangat menggangu. Dari aktivitas sehari-hari hingga tidur, menjadi sangat terganggu karena kesulitan bernafas. Ayo, lihat apa penyebab hidung mampet sebelah tapi tidak pilek dan cara mudah mengatasinya.

Hidung lateral atau tersumbat sempurna terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak karena kelebihan cairan atau lendir. Kondisi ini dapat disertai dengan pilek.

Penyebab Hidung Mampet Sebelah Tapi Tidak Pilek

Oklusi hidung sebelah sebenarnya merupakan gejala penyakit. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pilek, flu, alergi, iritasi dan sinusitis. Namun, ada sejumlah kondisi yang lebih serius yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, termasuk rinitis non-alergi, polip hidung, tumor, sindrom Churg-Strauss, septum menyimpang, pembesaran tiroid, gangguan kelenjar tiroid, asma, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Mampet Sebelah

Menjaga saluran hidung dan sinus tetap lembab adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika hidung Anda tersumbat. Untuk perawatan lain, Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana berikut untuk meredakan semua atau sebagian hidung tersumbat.

Perbanyak Minum Cairan

Untuk yang pertama mengatasi hidung mampet sebelah tapi tidak pilek adalah dengan minum banyak cairan, karena dapat meredakan hidung tersumbat.

Cairan yang Anda minum sangat membantu dalam menipiskan lendir dan menjaga kelembapan tenggorokan Anda. Tidak hanya air, Anda bisa minum cairan dalam bentuk minuman panas, teh, jahe panas, sup ayam atau minuman buah.

Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap panas juga bisa membantu meringankan hidung tersumbat atau penuh. Anda bisa menghirup uap panas yang dihasilkan dari air matang. Bernapaslah perlahan dan hati-hati agar hidung Anda tidak melepuh.

Anda juga dapat menikmati uap panas menggunakan pelembab ruangan atau bahkan mandi air panas sebagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi. Diperkirakan bahwa metode ini memungkinkan tubuh Anda untuk rileks dan mengurangi hidung tersumbat.