3 Contoh Perangkat Keras Komputer

Ada banyak perangkat keras komputer yang mungkin kita sudah lihat namun belum tau namanya, berikut sebagian nama hardware yang umum dan penting dalam sebuah set komputer yang komplit.

Gambar via QUORA

CPU

Sama seperti teknologi lainnya, CPU juga mengalami perubahan dan penyempurnaan di tiap eranya. Mulai dari Microprocessor 4004 pada tahun 1971 hingga adanya core i9 dari Intel yang mempunyai kecepatan berlipat-lipat.

CPU yaitu singkatan dari Central Processing Unit, alias otak dari komputer dan sentra dari segala instruksi yang akan diberi tahu ke perangkat lainnya. Tanpa adanya CPU, sebuah komputer tentunya hanya akan menjadi bangkai.

CPU yaitu bagian penting yang patut kalian observasi sekiranya berkeinginan membeli atau merakit sebuah komputer. Selain harga, kecepatan, jumlah threads dan pengaplikasian daya menjadi pertimbangan yang patut kalian sesuaikan dengan budget.

Harddisk

Di Indonesia, harddisk lebih acap kali dikenal dengan memory yang meski harusnya disebut dengan penyimpanan. Pasti acap kali denger sahabat kalian nanya “memorynya berapa?” nah antara linglung dan kesel kalo berkeinginan jawab, jadi patut mastiin lagi maksudnya tuh RAM atau Storage?

Selain CPU, Harddisk dan juga PSU yaitu bagian penting yang patut kalian observasi saat merakit. Untuk harddisk, kalian patut observasi kecepatan baca tulis data dan tentunya socket yang digunakan untuk menyambung ke motherboard.

Kapasitas harddisk juga tentunya perlu kalian pertimbangkan. Untuk aku pribadi yang hanya memakai komputer untuk kepentingan kantor seperti browsing, mengetik, printing dan juga browsing, membeli harddisk berukuran 1TB tentunya benar-benar membuang uang, kecuali kalian memang kaya.

Keyboard

Salah satu perangkat keras input ini pasti akan kalian miliki karena memang untuk melakukan input termudah yaitu memakai keyboard. Tetapi min, kan kita dapat input speech? ya silahkan aja, nanti juga bakal beli juga ujung-ujungnya.

Belilah keyboard yang memang nyaman untuk kalian gunakan. Jangan terlalu terkonsentrasi dengan embel-embel gaming, percaya deh se-baik apa saja kit yang kamu gunakan kalo emang dasarnya kamu cupu ya ga akan berakibat besar.

Untuk mengetik, admin pribadi memberi rekomendasi memakai keyboard tipe mechanical. Kenapa? entah mengapa keyboard dengan rubber dome lebih nyaman daripada keyboard yang kalian beli seharga 1jt. Sesuaikan kebutuhan aja intinya.

Sumber:
https://www.komputertips.com/perangkat-keras-komputer
https://www.google.com/