14 Syarat Nikah Yang Harus Kamu Ketahui

Siapa sih yang tidak pengen menikah serta menjalakan kehidupan berumah tangga? Biasanya, tiap orang yang telah lumayan berusia pasti menginginkan supaya pribadinya lekas menikah. Tidak hanya sebab bertujuan buat mencari penerus, umumnya lewat proses perkawinan pula seorang bertujuan buat lebih mendewasakan diri lagi melalui beberapa tanggung jawab baru yang wajib diemban.

Nah, biar nanti pernikahanmu dikira legal di mata hukum Indonesia, hingga terlebih dulu kalian butuh penuhi beberapa ketentuan nikah di KUA.

Sebab bila tidak, pernikahanmu hendak dikira tidak legal oleh hukum serta status pada KTP- mu juga tidak hendak berganti alias senantiasa‘ lajang’. Kasihan, kan? Makanya, ayo langsung aja disimak 14 ketentuan nikah di KUA berikut ini!

  • Pesan penjelasan buat nikah

Mula- mula, luangkanlah waktu sejenak buat berangkat ke kantor desa ataupun kelurahan tempat kalian tinggal. Setelah itu mintalah dorongan kepada pegawai yang lagi bertugas biar membuatkanmu pesan penjelasan buat nikah. Simak seluruh prosedurnya dengan baik serta tunggu hingga suratnya formal keluar.

  • Pesan penjelasan asal- asul

Seragam dengan pesan penjelasan buat nikah, pesan penjelasan asal usul pula dapat kalian miliki dari kantor desa ataupun kelurahan setempat. Pesan ini terbuat dengan tujuan buat mengenali seluruh data dasar tentang kalian.

Mulai dari nama, tempat tinggal, bertepatan pada lahir, pekerjaan kalian sampai kabar dasar kedua orangtuamu.

  • Pesan persetujuan mempelai

Nah, ini pesan yang terbilang berarti banget buat lekas kalian buat. Karena bila tidak, sang ia nanti keburu berganti benak serta gak jadi nikah dengan kalian. Dapat jadi, kan? Oleh sebab itu, usahakanlah buat mengurus pesan ini terlebih dulu supaya sang calon pendamping kalian kilat menandatanganinya serta susah buat berganti benak lagi.

  • Pesan penjelasan tentang orang tua

Buat pesan yang satu ini, kedua orangtua kamulah yang harus mengisinya. Tetapi secara universal, isian yang terdapat pada pesan ini

kurang lebih nyaris mirip dengan pesan penjelasan asal usul, cuma berbeda pada formatnya saja.

  • Ketentuan nikah di KUA selanjutnya merupakan mengajukan pesan pemberitahuan kehendak nikah di PPN setempat

Sehabis memenuhi seluruh dokumen diatas, hingga langkah berikutnya merupakan mengajukan pesan pemberitahuan kehendak nikah kepada pegawai pencatat nikah( PPN) pada KUA kecamatan setempat. Di dalam pesan ini kalian hendak mengisi informasi tentang nama kalian serta calon pasanganmu, hari/ bertepatan pada serta tempat penerapan akad nikah, sampai mas kawin ataupun mahar.

  • Fakta imunisasi TT( Tetanus Toxoid) I untuk calon pengantin perempuan, kartu imunisasi, serta imunisasi TT II dari puskesmas setempat

Kalian dapat memohon pesan penjelasan ini di Puskesmas terdekat ya. Biayanya juga murah dekat Rp 15 ribu saja kok.

  • Membayar Rp. 30. 000 buat bayaran pencatatan nikah

Jangan kurang ingat siapkan duit beberapa Rp 300 ribu buat mengurus bayaran administrasi di KUA. Duit ini digunakan buat bayaran pencatatan pernikahanmu.

  • Pesan izin majelis hukum jika kalian tidak diizinkan oleh orangtua/ wali

Umumnya terdapat lho orang yang pingin menikah namun terkendala oleh izin dari orangtua/ wali- nya. Sedangkan salah satu ketentuan nikah di KUA merupakan kalian perlu pesan penjelasan buat nikah yang mana tidak hendak dikeluarkan oleh pihak kelurahan tanpa izin dari orangtua kalian.

  • Cocok gambar dimensi 3 x 2 sebanyak 3 lembar

Jangan kurang ingat pula buat mempersiapkan waktu buat buat pasfoto. Berhubung novel ini hendak kalian miliki seumur hidup, tidak terdapat salahnya buat dandan serta mengenakan baju terbaikmu ya.

  • Dispensasi dari majelis hukum untuk calon suami yang belum berusia 19 tahun serta untuk calon istri yang belum berusia 16 tahun

Biar ngg akbanyak yang nikah muda, pemerintah membuat peraturan spesial ini. Ntar, ingin diberikan makan apa anak istri?

  • Pesan izin atasan untuk kalian yang tercantum anggota Tentara Nasional Indonesia(TNI)/ POLRI

Pesan izin harus disertakan dikala kalian mengurus perkawinan di KUA, paling utama kalian yang bekerja di Tentara Nasional Indonesia(TNI) maupun POLRI.

  • Pingin poligami? memohon izin dahulu sama pengadilan

Yap, wajib memiliki izin, dong. Bagi undang- undang pernikahan, terdapat 2 tipe ketentuan yang wajib kalian memenuhi jika mau memperoleh izin dari majelis hukum buat beristri 2.

Ketentuan yang mula- mula merupakan bila istrimu,

  • Tidak bisa melaksanakan kewajibannya bagaikan seseorang istri
  • Hadapi cacat tubuh ataupun penyakit yang tidak bisa sembuhkan
  • Ataupun tidak bisa melahirkan keturunan

Ketentuan yang kedua merupakan bila,

  • Istri/ istri- istrimu menyetujui hasrat kalian buat poligami
  • Terdapat kepastian kalau kalian bagaikan suami sanggup menjamin keperluan- keperluan hidup istri serta kanak- kanak mereka
  • Terdapat jaminan jika suami hendak berlaku adil terhadap istri serta kanak- kanak mereka
  • Akta cerai ataupun kutipan novel registrasi talak/ novel registrasi cerai untuk kalian yang pernah cerai dengan pendamping tadinya dikala undang- undang no 7 tahun 1989 belum berlaku

Bila kalian ataupun pasanganmu telah sempat menikah serta berpisah, harus hukumnya buat menyertakan pesan Kutipan Akta Perceraian.

  • Terakhir, untuk kalian yang lagi janda/ duda, kalian butuh buat mempersiapkan pesan penjelasan kematian suami/ istri

Nah, seperti itu 14 ketentuan nikah di KUA yang butuh kalian siapkan. Ingat, biar rencana akad nikah kalian mudah, persiapkanlah seluruh dokumen yang diperlukan jauh- jauh hari saat sebelum hari H. Alangkah baiknya apabila kalian mempersiapkannya 3 ataupun 4 bulan saat sebelum prosesi akad nikah dilangsungkan. Selamat menempuh hidup baru, ya!